RENCANA STRATEGIS YAYASAN KESEJAHTERAAN KORPRI PROVINSI

BALI 2014-2018

 

Arah Kebijakan

Rumusan kebijakan dimaksud untuk acuan dalam penyamaan persepsi, pola pikir dan perencanaan langkah lebih lanjut sebagai berikut :

1. Meningkatkan kualitas layanan kesekretariatan yang lebih ramah, cepat dan akurat.

2. Meningkatkan kualitas kinerja Sumber Daya Manusia (SDM) secara lebih maksimal sesuai tuntutan profesi.

3. Menciptakan suasana kondusif dalam lingkup sekretariat, kampus Unwar  dan stake holder menuju hasil yang lebih maju.

 

Visi

Menjadikan Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali sebagai pusat pengembangan sumber daya manusia yang unggul, berintegritas, berwawasan budaya dan lingkungan,serta tercapainya kesejahteraan bersama (Wellfare For All) tahun 2034.

 

Misi

1. Mengembangkan institusi dibidang pendidikan dan kesehatan untuk menghasilkan SDM yang unggul, berintegritas dan berwawasan budaya dan lingkungan;

2. Meningkatkan kapasitas dan kualitas SDM  dalam mengelola institusi melalui pendidikan, pelatihan dan pengembangan karakter yang unggul, berintegritas dan berwawasan budaya dan lingkungan;

3. Mengembangkan sistem tata kelola yang berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan didukung  kualitas sarana-prasarana  untuk memberikan pelayanan prima;

4. Mengembangkan jejaring (Networking) dengan institusi yang memiliki misi dan tujuan yang sejalan dan/atau memberikan manfaat bagi pengembangan institusi;

5. Mengembangkan kegiatan layanan sosial bagi masyarakat dan karyawan yang berwawasan budaya dan lingkungan.

6. Meningkatkan pendapatan karyawan (take home pay) untuk mewujudkan kesejahteraan bersama (Wellfare for all).

 

Tujuan

Terwujudnya institusi dan SDM yang unggul, berintegritas, berwawasan budaya dan lingkungan, serta tercapainya kesejahteraan bersama (Wellfare For All) tahun 2034.

 

Sasaran

1. Menjadikan Unit Pelaksana Kegiatan (UPK) sebagai institusi dengan tata kelola modern berbasis informasi teknologi (IT)  memenuhi standard (quality assurance)

2. Mewujudkan UPK yang berkompeten dan kompetitif dalam menghasilkan SDM yang unggul, berintegritas, kompetitif dan berwawasan lingkungan.

3. MewujudkanSDM yang unggul, berintegritas dan berwawasan lingkungan untuk memberikan pelayanan prima kepada stakeholders dengan  Sistem Informasi Manajemen Terpadu (SIM-T) berbasis Teknologi Informasi

4. Meningkatkan omset institusi sekitar 29% per tahun, mencapai lebih dari Rp. 185.000.000.000,00 pada tahun 2018.

5. Meningkatkan aset institusi sekitar 26% per tahun, mencapai lebih dari Rp. 71.000.000.000,00 pada tahun 2018.

6. Meningkatkan citra institusi menjadi kebanggaan masyarakat Bali.

7. Meningkatkan total pendapatan (take home pay) karyawan setara Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mewujudkan kesejahteraan bersama (wellfare for all).

 

Bidang – Bidang Kegiatan

Kegiatan yang menjadi fokus Yayasan dalam upaya memberi layanan kepada masyarakat untuk mencapai kesejahteraan bersama (wellfare for all) adalah:

 

1. Bidang Pendidikan

a. Pendidikan formal meliputi pendidikan tinggi, pendidikan menengah, pendidikan dasar dan pendidikan anak usia dini.

b. Pendidikan non formal bagi semua umur dan golongan yang meliputi pendidikan keterampilan (soft skill).

 

2. Bidang Kesehatan

a. Layanan kesehatan masyarakat dalam bentuk klinik kesehatan maupun pusat kesehatan masyarakat.

b. Layanan kesehatan masyarakat dalam bentuk Rumah Sakit Terpadu yang melibatkan pendidikan kedokteran dan ilmu kesehatan masyarakat.

 

3. Bidang Sosial

a. Layanan sosial kepada masyarakat yang terkait dengan pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat sebagai perwujudan dari tridarma perguruan tinggi yang diselenggarakan Yayasan.

b. Layanan dan pembinaan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat melalui penyuluhan dan pendikan informal lainnya.

 

Program Strategis

A. Pengembangan Kelembagaan (Institutional Building)

1. Penegasan sebagai organisasi yang berbentuk Yayasan, memiliki karakter khas (kegiatan sosial dan bertanggung jawab kepada publik) dalam hal ini harus tercermin pada Tata Kelola dan hubungan kerja antar lembaga (Yayasan sebagai payung hukum dan/atau terhadap UPK).

2. Penegasan atas UPK sebagai strategic bussiness unit (SBU) atau lembaga yang secara bertahap didorong untuk mencapai mamajemen mandiri dengan badan hukum yang telah ditetapkan (profit atau non profit oriented).

3. Penegasan evaluasi kinerja atas UPK secara berkala dalam hal capaian terhadap goals atau sasaran.

4. Khusus UPK Warmadewa Property perlu penegasan arah kebijakan menjadi lembaga profit bisnis (developer) atau lembaga non profit (diklat bidang property).

5. Penyediaan sistem dan tata kelola yang transparan dan akuntabel (perlu dukungan Standar Operasional Prosedur (SOP)).

 

B. Pengembangan Sumber Daya Manusia (Capacity Building and Character Building)

1. Yayasan sebagai payung hukum dengan Sekretariat sebagai supoorting staff perlu meningkatkan kualitas layanan yang lebih cepat, tepat dan akurat.

2. Penegasan atas Tata Kelola (keuangan, karyawan dan sarana prasarana) perlu didukung dengan kualitas SDM yang memadai, kemampuan soft skill dan hard skill (entrepreneur dan leadership).

3. Peningkatan kapasitas lembaga selain didukung dengan SDM yang memadai juga perlu dukungan atas finansial/investasi yang cukup untuk percepatan pengembangan ( akses perbankan dan akuntabilitas).

 

C. Pengembangan Jejaring (Networking) perlu terus dikembangkan untuk menjaga nama ”brand” Warmadewa sebagai produk unggulan dan diramu dalam kemasan holding company, sehingga sangat dibutuhkan adanya sub unit khusus yang menangani kehumasan dan promosi secara profesional.

 

D. Pengembangan layanan prima baik di Sekretariat Yayasan maupun UPK dalam lingkup Yayasan untuk memenangkan kompetisi dengan kompetitor.

 

E. Pengembangan infrastruktur (sarana prasarana) terkait pengembangan UPK menuju kemandirian.

 

F. Peningkatan kesejahteraan karyawan (sandang, pangan, papan) yang memenuhi kebutuhan minimal untuk keamanan dan kenyamanan.

      Sebagai gambaran atas proses penyusunan Renstra Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali 2014-2018 secara diagram adalah seperti pada Bagan 1 tentang Manajemen Strategis dan Bagan 2 tentang Alur (Flow Chart) Renstra.

Tahap dan Sasaran Pengembangan

1. Tahap Konsolidasi

Tahun 2014 merupakan tahap konsolidasi bagi lembaga, yaitu  tahap untuk melakukan instrospeksi atas perjalanan lembaga dalam 30 tahun sebelumnya dan sekaligus sebagai momentum menetapkan visi-misi baru jangka panjang  (20 tahun kedepan) dalam Visi 2034, jangka menengah (tiap lima tahun kedepan) dalam Renstra dan goals pada setiap tahunnya.

2. Tahap Mandiri

Tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 merupakan tahap pengembangan system dan tata kelola lembaga, pengembangan karakter dan kapasitas sumber daya manusia, peningkatan sarana prasarana pendukung, pengembangan jejaring (networking) dalam menuju penguatan institusi.

3. Tahap Pengembangan

Tahun 2018 merupakan tahun akhir Renstra lima tahunan lembaga, kembali merupakan siklus untuk melakukan evaluasi perjalanan lembaga lima tahun terakhir untuk menetapkan target/sasaran jangka menengah dalam rencana strategis lima tahun kedua yang wajib untuk mengembangkan kemampuan institusi sesuai potensi dan peluang sumber daya yang tersedia serta tantangan kompetitif yang dihadapi.

      Uraian tentang program dan sasaran/target/goals dalam tiap tahap dan tiap tahun adalah seperti pada tabel Program dan Sasaran Renstra Yayasan 2014-2018 terlampir.

YAYASAN KESEJAHTERAAN KORPRI PROVINSI BALI

PEDOMAN INTEGRITAS BAGI DOSEN DAN KARYAWAN

 

 

1.

Mengawali hari kerja dengan doa dan persembahan kepada Tuhan

15.

Mengembagkan moralitas, menjaga etika, kesetiaan dan sifat dapat dipercaya

2.

Menghayati dan mengamalkan spirit kejujuran, kesederhanaan, demokratis dan kerakyatan, serta kebijaksanaan dari Ida Sri Kesari Warmadewa

16.

Selalu semangat dan antusias dalam melaksanakan tugas

3.

Menghormati agama, kepercayaan, budaya dan adat istiadat rekan sekerja

17.

Tidak memiliki keterikatan terhadap hasil atau penghargaan dari tugas atau pekerjaan yang dilakuakan

4.

Bekerja secara professional, transparan dan akuntabel

18.

Pantang menggunakan cara-cara kekerasan dalam setiap perselisihan kerja

5.

Menaati ketentuan jam kerja dan tata tertib kantor

19.

Tidak bersikap diskriminatif dalam melaksanakan tugas

6.

Mengamankan data dan/atau informasi yang dimiliki oleh lembaga

20.

Tidak menyalahgunakan kedudukan, kewenangan jabatan, baik langsung maupun tidak langsung

7.

Memberikan pelayanan kepada mahasiswa atau pihak lain dalam pelaksanaan tugas dengan sebaik-baiknya

21.

Tidak menyalahgunakan fasilitas kantor

8.

Bertanggung jawab dalam menggunakan barang inventaris milik lembaga

22.

Tidak menerima segala pemberian dalam bentuk apapun baik langsung maupun tidak langsung dan sesama pegawai atau pihak lain yang menyebabkan pegawai yang menerima patut disuga kewajiban yang berkaitan dengan jabatan atua pekerjaannya

9.

Menjadi panutan yang baik bagi masyarakat dalam penjaminan mutu akademik

10.

Bersikap, berpenampilan dan bertutur kata yang sopan

11.

Memiliki sikap yang benar, tanggung jawab dan disiplin diri serta kemampuan untuk memusatkan perhatian pada tugas dan pekerjaan

23.

Tidak menyalahgunakan data dan informasi, melakukan perbuatan yang patut diduga mengakibatkan gangguan, kerusakan dan/atau perubahan data pada system infromasi universitas

12.

Menciptakan dan memelihara kerjasama, hubungan kerja yang harmonis dan lingkungan yang kondusif

13.

Membina etos kerja dan integritas dengan peningkatan profesionalisme dan kualitas dalam melaksanakan tugas rutin

24.

Tidak melakukan perbuatan yang tercela yang bertentangan dengan norma, etika dan moral yang dapat merusak citra serta martabat sivitas akademika Universias Warmadewa

14.

Bersedia belajar dan meningkatkan keterampilan serta pengetahuan untuk peningkatan kinerja

25.

Memiliki sikap membangun dan bangga dengan almamater tercinta Universitas Warmadewa (wgs)

 

 

Tamu Online

We have 47 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics