Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Warmadewa melaunching produk briket 'Kuud Semambuh' di Wantilan Pura Pakendungan, Tanah Lot, Desa Beraban, Kediri, Rabu (7/5). Sebelumnya, LP2M Unwar meluncurkan program Gemaripah (Gerakan Masyarakat Mandiri Peduli Sampah) di lokasi yang sama pada tanggal 2 Desember 2011. Kedua program ini sama-sama mengolah sampah dari batok kelapa yang berserakan di Daerah Tujuan Wisata (DTW) Tanah Lot. Peluncuran briket 'Kuud Semambuh' didanai Aqua serta DTW Tanah Lot Sebagai kawasan penelitian dan pengembangan program LP2M Unwar. Launching dihadiri Wakil Bupati Tabanan.

 Manajer Operasional DTW Tanah Lot Ketut Toya Adnyana mengatakan bahwa ada pemandangan terbalik sebelum dan sesudah adanya program pengelolaan sampah berbasis masyarakat yang digelar LP2M Unwar. Sebelumnya, sampah batok kelapa menjadi momok di kawasan DTW Tanah Lot karena volumenya sangat banyak bahkan terkadang menggangu pemandangan wisatawan yang berkunjung. Namun sekarang hal itu dapat diatasi sehingga kawasan DTW Tanah Lot menjadi lebih bersih, " Selain bersih, kami mendapat wawasan yang lebih dalam pengolahan sampah terutama batok kelapa. Sehingga setiap harinya sekitar 168 biji batok kelapa mampu kami olah menjadi briket", ungkap[ Toya Adnyana. Mewakili staf, Toya Adnyana sampaikan terima kasih atas bimbingan dan seluruh kontribusi yang diberikan Universitas Warmadewa beserta Aqua dalam membantu menangani masalah sampah batok kelapa di DTW Tanah Lot.

Ketua tim pengabdian LP2M Unwar, Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, MSI mengatakan, pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat merupakan bentuk kerjasama Yayasan Kesejahteraan KORPRI Provinsi Bali dengan PT. Tirta Investama (Aqua) yang telah berjalan sekitar 3 tahun.

Selain Wisnu Murti, Vice President Corporate Secretary PT. Tirta Investama, Parmaningsih Hadinogoro dan Rektor Unwar, Prof.. Dr. I Made Sukarsa juga berikan sambutan terkait program pengolahan sampah tersebut. Sementara Wakil Bupati Tabanan IKG Sanjaya ucapkan terima kasih atas kerjasama yang telah terjalin untuk perangi sampah di Tanah Lot hingga terwujud berkah dari batok kelapa.

Launching kemarin juga ditandai dengan penyerahan Piagam Pengharagaan dari Aqua didampingi Yayasan Korpri dan Rektor Unwar kepada Yayasan Tri Hita Karana, Paguyuban Hotel dan Manajer Operasional DTW Tanah Lot. Tak ketinggalan, Bupati Tabanan juga berikan piagam penghargaan kepada Yayasan Korpri, Aqua, dan Rektor Unwar. Kegiatan diakhiri dengan meninjau pameran serta demo bakar ikan dengan briket.

 


Sumber : Harian Nusa Bali | Kamis, 8 Mei 2014


Tamu Online

We have 122043 guests and no members online

 

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics