MUSWIL - Perwakilan Koordinator Kopertis Wilayah VIII Bali-Nusra I Wayan Suarjaya memukul gong pertanda dibukanya Muswil I Asosiasi BP-PTSI Wilayah Bali didampingi Ketua Umum BP-PTSI Pusat Thomas Suyatno, Ketua Pengurus Asosiasi BP-PTSI Wilayah Bali A.A. Gede Oka Wisnumurti dan Ketua Panitia Muswil I Shri I G.N. Wira WMS.

ASOSIASI Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (BP-PTSI) Wilayah Bali menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) I, Senin (7/5) kemarin. Bertempat di Auditorium Widya Sabha Uttama Universitas Warmadewa (Unwar), tfuswil I dihadiri Ketua Umum BP-PTSI Pusat Prof. Dr. Thomas Suyatno, Ketua Pengurus Asosiasi BP-PTSI Wilayah Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., Sekda Kota Denpasar AAN Rai Iswara, Setua Panitia Muswil I Shri I G.N. Wira WMS, S.Sos., S.H., M.H., Perwakilan Koordinator Kopertis Wilayah VIII Bali-Nusra Drs. I Wayan Suarjaya, M.AP., Ketua iptisi Bali dan seluruh pimpinan BP-PTSI seluruh Bali.

Tujuan diselenggarakannya Mus­will ini adalah untuk membahas dan mengambil keputusan atas laporan pertanggungjawaban pengurus Aso­siasi BP-PTSI Wilayah Bali masa bakti 2013-2017, membentuk pen­gurus baru masa bakti 2018-2022 serta membuat program kerja tahun 2018-2022 dalam menghadapi tan­tangan di era revolusi industri 4.0 dan masuknya perguruan tinggi (PT) asing di dalam negeri.

Ketua Umum BP-PTSI Pusat Thomas Suyatno mengatakan, Mus­wil 1 Asosiasi BP-PTSI Wilayah Bali diadakan untuk mengevaluasi produk-produk yang dihasilkan pada musyawarah yang diselenggarakan beberapa tahun lalu di Bali. Tujuan evaluasi adalah untuk mengukur se­berapa jauh produk-produk tersebut telah dilaksanakan dan problematika apa yang saja yang dihadapi dalam melaksanakan hasil musyawarah sebelumnya.

Diungkapkannya, permasalahan dunia pendidikan terutama pergu­ruan tinggi swasta (PTS) sangat kom­pleks. Salah satunya rencana berop­erasinya PT asing di dalam negeri yang diperkirakan mulai tahun ini. meskipun tidak bisa menjalankan semua prodi. "Permasalahan lainnya yang dihadapi pendidikan perguruan tinggi kita saat ini yaitu merger, rank­ing dan classering yang mendesak," ujar Prof. Thomas Suyatno.

Beroperasinya PT asing di Indo­nesia, lanjutnya, tidak sertamerta menjadi ancaman bagi PT dalam negeri, tetapi juga menjadi peluang dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan PT. Apalagi berdasarkan Peraturan Kemenristek Dikti, hanya 200 PT asing yang boleh masuk. Dengan demikian, PT asing tersebut akan mengangkat kualitas PT dalam negeri yang baru tiga be­rada di atas 500 ranking dunia yaitu UI, ITB dan UGM.

Setelah dilakukan pemilihan secara musyawarah mufakat, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Porvinsi Bali Dr. Drs. A.A. Gede Oka Wisnumurti, M.Si., dipercaya kembali menjadi Ketua Pengurus Asosiasi BP-PTSI Wilayah Bali masa bakti 2018-2020. Wisnumurti terpilih secara aklamasi dan laporan pertanggungjawabannya diterima tanpa catatan oleh seluruh anggota BP-PTSI Wilayah Bali.


Bali Post Selasa Pon, 8 Mei 2018

 


Tamu Online

We have 63105 guests and no members online

 

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics