NARASUMBER-Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali A.A. Gede Wisnumurti saat menjadi narasumber pelati­han kepemimpinan pejabat struktural di lingkungan Unwar, Selasa (24/4) kemarin.

DALAM rangka meningkatkan kualitas keterampilan (skill) dan sikap (attitude) para pemimpin di era industri 4.0, Universitas Warmadewa (Unwar) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Bagi Pejabat Struktural di lingkun­gan Unwar di Ruang Sri Kesari Warmadewa Mandapa, Selasa (24/4) kemarin. Pelatihan dibuka Rektor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. dan dihadiri seluruh pimpinan pejabat struktural di lingkungan Unwar. Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bah Dr. Drs. A.A. Gede Wisnumurti, M.Si. sebagai narasumber, sedangkan moderator Wakil Rektor II Unwar Ni Putu Pertamawati, S.E.. M.M.

Rektor Unwar Prof. Dewa Putu Widjana mengatakan, pemimpin mempunyai tugas menggerakkan dan mengarahkan orang-orang yang dipimpinnya untuk mencapai suatu tujuan. Menggerakkan dan mengarahkan ini membutuhkan kompetensi dan keterampilan khu­sus. Keterampilan tersebut bisa diraih melalui pelatihan, sehingga skill pemimpin meningkat untuk bisa menggerakkan dan mengarah­kan orang-orang yang dipimpinnya agar bisa memajukan organisasi yang dipimpinnya. "Itulah sebab­nya kami melatih para pemimpin atau pejabat struktural di ling­kungan Unwar agar mempunyai kapasitas yang memadai dalam memimpin bawahannya," ujarnya.

Menurutnya, pemimpin tidak cukup hanya mempunyai skill, tetapi juga harus memiliki kom­petensi, sikap dan perilaku yang sesuai dengan norma:norma kepe­mimpinan. "Berbicara kualitas suatu lembaga pendidikan, sangat bergantung pada pemimpin. Ka­lau pemimpinnya gagal, lembaga ' tersebut juga akan gagal mencapai tujuan. Oleh karena itu, skill tidak bisa dipelajari, tetapi harus terus dilatih dan diasah, sehingga para pemimpin semakin mantap dalam memimpin," tandas Prof. Widjana

 

Sementara itu, Ketua Yayasar Kesejahteraan Korpri Provins: Bali A.A. Gede Wisnumurti saal menjadi narasumber memberikar motivasi dan kiat-kiat menjad: pemimpin yarig baik dalam suatu organisasi. Untuk bisa sukses menjadi pemimpin, mindset dar cultureset pemimpin harus diubal dalam menghadapi era industr 4.0. Berbagai persiapan antisipas untuk menghadapi era tersebu' harus dilakukan, sehingga pari pemimpin bisa mengarahkan,as­pek manajerial dunia pendidikan khususnya Unwar ke arah kema­juan.


Bali Post Rabu Kliwon, 25 April 2018


Tamu Online

We have 63101 guests and no members online

 

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics