BEDAH RUMAH - Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Gede Oka Wisnumurti berfoto bersama pen­erima bantuan bedah rumah serta jajaran instansi terkait di Desa Sidan, Gianyar.

KORPRI Bali meresmikan dua unit bantuan rumah untuk kepala keluarga kurang mampu di Desa Sidan, Gianyar, Jumat (3/11) kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan serangkaian HUT ke-33 Korpri Bali ini di­harapkan dapat membantu sekaligus memotivasi warga kurang mampu untuk mening­katkan taraf perekonomian.

Perbekel Desa Sidan Made Sukra Suyasa menyampaikan terima kasih kepada Yayasan Korpri Bali beserta instansi terkait atas bantuan pembangunan rumah untuk KK kurang mampu di desa tersebut. "Bantuan ini tentu sangat bermanfaat untuk warga kami," ucapnya.

Dikatakannya, berdasarkan pendataan yang ia lakukan di Desa Sidan, masih ada sekitar 15 KK kurang mampu yang belum memiliki tempat tinggal dan hanya memiliki tempat tinggal kurang layak. Pihaknya men­gaku sudah intens berkoordinasi dengan Dinas Sosial Kabupaten Gianyar untuk memperoleh ban­tuan. "Kami berharap bantuan ini berkelanjutan, tidak hanya untuk warga Desa Sidan tetapi juga un­tuk warga lainnya," katanya.

Ketua Yayasan Kesejahter­aan Korpri Provinsi Bali Dr. Drs. Gede Oka Wisnumurti, M.Si. mengatakan peresmian dua unit rumah untuk dua warga kurang mampu di Desa Sidan yakni rumah Ketut Dana di Banjar Jagaperang dan A.A. Gede Merta di Banjar Sidan. Data penerima bantuan ber­dasarkan rekomendasi Dinas Sosial Kabupaten Gianyar. "Sekarang rumah ini sudah siap dihuni," ucapnya.

Dari segi pendanaan, bedah rumah terlaksana atas bantuan BPD Bali. Dari sisi perencanaan dan pelaksanaannya, pihaknya mengerahkan mahasiswa dari Fakultas Teknik Universitas Warmadewa. Sementara isinya mengandalkan bantuan dari paguyuban hotel. "Kita sudah koordinasi dengan paguyuban hotel untuk secepatnya menu­runkan fasilitas di dua unit rumah ini," katanya.

Disinggung dipilihnya ka­wasan Desa Sidan, Wisnumurti mengaku pihaknya kini juga sedang melakukan pendekatan dengan masyarakat Desa Sidan karena berencana membangun rumah sakit. "Rencananya kita akan membangun rumah sakit, lokasi tanahnya ada di daerah Sidan. Sekarang masih dalam konsolidasi tanah. Tentu ini upaya kita pendekatan dengan Sidan," katanya.

Sementara itu, pada HUT ke-33 Korpri ini pihaknya ingin memberikan apresiasi terhadap semua pihak yang sudah bersin­ergi dengan baik selama ini. Kedepan pihaknya pun berencana menambah jumlah bedah rumah yang diberikan terhadap KK kurang mampu. "Kalau tahun ini dua unit, mungkin tahun depan bisa jadi empat. Kita juga akan mengupayakan bantuan yang lebih mengarah ke pengembangan ekonomi produktif untuk KK kurang mampu," terangnya.

 

Kepala Divisi Umum dan Kesekretariatan Bank BPD Bali Gede Sukanada menjelas­kan, pada setiap unit rumah di program ini BPD Bali menggelontorkan anggaran Rp 30 juta. Dari kegiatan ini, ia pun sangat berharap bisa mengurangi beban masalah kemiskinan, terutama di desa-desa terpencil sehingga masyarakat memiliki tempat tinggal yang layak. "Melalui kegiatan seperti ini pula kami ingin lebih mendekatkan diri kepada masyarakat," tegasnya.


 

Bali Post Sabtu Pon, 4 November 2017 


Tamu Online

We have 57 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics