BUKA DIKLAT - Rektor Unwar Dewa Putu Widjana membuka Diklat Asta Bratha didampingi Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali dan jajarannya.

PASEMETONAN Mahasisya Hindu Dharma (PMHD) menyeleng­garakan Diklat Asta Bratha XII, Sabtu (7/10) lalu. Diklat bertemakan "Menerapkan Ajaran Tri Hita Ka­rana Berlandaskan Sapta Bayu Spirit Sri Kesari Warmadewa". Kegiatan ini bertujuan memhentuk potensi mahasiswa yang berwawasan Hindu dan berjiwa kepemimpinan.

Ketua Umum PMHD Unwar I Kadek Dwi Mahendra Putra men­gatakan, diklat dilaksanakan empat kali. Pada 6 Oktober telah dise­lenggarakan talkshow kilas balik PMHD. Hari ini Diklat Asta Bratha diisi pemaparan Spirit Sapta Bayu Warmadewa oleh Ketua Yayas­an Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali. Setelah pemaparan, pengu­rus PMHD memberikan pelatihan program kreativitas mahasiswa menjawab tantangan dari rektor yang harus menelurkan program kreativitas mahasiswa.

Pembina PMHD Dr. Ir. I Gusti Bagus Udayana, M.Si. menyatakan, kegiatan diklat Asta Bratha untuk memberikan mahasiswa pemaha­man tentang Asta Bratha. Perkem­bangan PMHD dari tahun ke tahun menunjukkan jati dirinya. Oleh karena itu, Pasemetonan Hindu tidak hanya menyangkut hal-hal yang tradisional tetapi juga menyikapi perkembangan zaman.

Rektor Unwar Prof. Dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.Park. sangat mendukung kegiatan ini. Tidak hanya dukungan moral tetapi juga sokongan dana. Pihaknya pun ikut memberikan masukan-masukan pada saat mengajukan proposal. "Setiap kegiatan, ma­hasiswa saya suruh presentasi dulu," ungkapnya. Begitu pula saat kegiatan selesai, supaya cepat menyelesaikan laporan agar bisa dijadikan evaluasi dan monitoring. Karena nantinya laporan ini dapat dimanfaatkan adik-adik kelasnya.

Dengan menekankan pada pem­buatan proposal, diharapkan ma­hasiswa mempunyai kemampuan membuat suatu usulan nantinya. Mahasiswa adalah calon scientist se­hingga semua proposal harus dibuat berdasarkan science. Pengemban­gan proposal harus konsisten agar dana yang dikeluarkan benar-benar bermanfaat. Ia berharap banyak dari kegiatan ini karena jika Asta Bratha diterapkan, semua problem kepemimpinan bisa diatasi.

Menurut Ketua Yayasan Kes­ejahteraan Korpri Provinsi Bah Dr. AA Gede Oka Wisnumurthi, M.Si, pihaknya juga selalu memberikan apresiasi kepada kegiatan maha­siswa. "Kami komitmen membangun atmosfer akademik di universitas ini. Salah satu faktor pendukung dari geliat atmosfer akademik adalah aktivitas dan kreativitas mahasiswa,'' ucapnya.

Oleh karena itu, pihaknya se­lalu memberikan dukungan kepada semua kegiatan mahasiswa. "Saya bangga marching band kami juara internasional dan Perisai Diri juara umum perguruan tinggi se-Indonesia. Saya juga menunggu prestasi lain. Basket juga sudah masuk final Itu bukti perhatian kami. Kami mem­berikan ruang yang terbuka bagi setiap mahasiswa, tidak hanya di bidang akademik tapi juga di bidang seni dan olahraga. Itulah sebenarnya atmosfer akademik kemahasiswaan kami" bebernya.

 

Diklat ini adalah upaya mem­persiapkan jiwa kepemimpinan mahasiswa. "Karena saya yakin, masa lalu itu adalah kenangan, masa kini adalah kenyataan dan masa depan adalah harapan," ujarnya. Mahasiswa adalah pemimpin masa depan. Oleh karena itu, harus diberi­kan harapan agar bisa menyongsong masa depan. Latihan kepemimpinan ini merupakan upaya untuk mem­bangun mental mereka. 


Bali Post Senin Paing, 9 Oktober 2017


Tamu Online

We have 55 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics