FOTO BERSAMA - Sepuluh Mahasiswa Internasional Bitch 1 foto tersama dengan Rektor Unwar, Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali, Dekan Fakultas fiastra Unwar dan dosen civitas akademika Unwar seusai Graduation Day.

MELEPAS 10 mahasiswa in­ternasional dari lima negara, Warmadewa International Pro­gram (WIP) Fakultas Sastra Uni­versitas Warmadewa (FS Unwar) menggelar Graduation Day Batch 1 di Gedung Kesari Kampus Unwar, Kamis (20/7) kemarin. Mahasiswa internasional ini dilepas Rek­tor Unwar Prof. dr. Dewa Putu Widjana, DAP&E., Sp.ParK. di­dampingi Dekan Fakultas Sastra Unwar Pi of. Dr. I Wayan Kardana, M.Hum.

Hadir Ketua Yayasan Kesejahter­aan Korpri Provinsi Bali Dr. Drs. AA. Gede Oka Wisnumurti. M.Si. beserta seluruh jajaran akademika Unwar. Pelepasan Mahasiswa Internasional WIP Fakultas Sastra Unwar meru­pakan bentuk nyata dan komitmen Unwar mengibarkan sayapnya un­tuk berkompetisi di dunia pendidikan internasional.

Dekan Fakultas Sastra Unwar Prof. I Wayan Kardana menjelas­kan. WIP merupakan program unggulan yang dimiliki Fakultas Sastra Unwar. Universitas, fakultas dan prodi di Unwar me­miliki visi kompetitif secara global pada tahun 2034. "Sehubungan dengan itu, kami berupaya mem­persiapkan diri untuk menunjuk­kan diri supaya bisa berkompetisi secara global. Dengan program WIP berarti masyarakat interna­sional sudah percaya kepada kami untuk memberikan kuliah satu semester dengan fasilitas dan SDM serta secara akademik kami sudah bagus dan layak melaksanakan kelas internasional," ujarnya, Kamis (20/7) kemarin.

Ke-10 mahasiswa internasional dari lima negara (Finlandia, Pran­cis, Jerman, Belanda dan Ceko) tersebut menempuh pendididkan selama empat bulan (1 semester) mulai April hingga Juli 2017. Mer­eka mengambil 18-20 SKS dengan sembilan mata kuliah yang dita­warkan. Mahasiswa boleh memilih 4-5 "mata kuliah sesuai bidang ilmu yang ditekuni di universita­snya masing-masing. SKS yang didapatkan akan ditransfer ke SKS di universitas masing-masing usai mengikuti pendidikan di Unwar.

"Ini merupakan batch pertama. Untuk batch kedua yang akan dilak­sanakan 2 September hingga 22 De­sember 2017. kami sudah menerima 54 mahasiswa internasional. Jumlah yang semakin banyak ini menanda­kan proses pendidikan yang kami lakukan berhasil. Kami akan terus menyiapkan diri untuk memberikan pelayanan seoptimal mungkin." tan­das Prof. Kardana.

Sementara itu, Rektor Unwar Prof. Dewa Putu Widjana berharap mahasiswa internasional batch 1 setelah kembali ke universitas di negaranya masing-masing bisa mem­promosikan program internasional Tang ada di Unwar. Oleh karena itu, mahasiswa internasional batch 1 diperlakukan dengan sangat baik Hal ini merupakan upaya untuk-nemopulerkan WIP, sehingga Unwar bisa berkibar di dunia pendidikan internasional.

"Paling tidak program ini (WIP) bisa menjadi inisiator untuk merangsang para dosen dan mahasiswa agar memperbaiki kemampuan berbahasa hggris, sehingga interaksi yang di­akukan bisa memberi imbas positif, baik bagi mahasiswa internasi­onal untuk belajar bahasa Indonesia naupun dosen untuk belajar dan mendalami bahasa Inggris. Proses belajar bahasa Inggris yang paling afektif adalah practising (praktik)," jelas Prof. Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Bali A.A. Gede Oka Wisnu­murti sangat mengapresiasi pro­gram rektor yang mengembangkan program kelas internasional untuk menjadikan Unwar go global. Pihak yayasan akan terus mendukung program rektor, sehingga tetap berlanjut dengan pengelolaan yang lebih profesional. Bahkan, ke depan­nya pihaknya akan membentuk international office yang bisa men­jadi '"dapur" dalam pengelolaan dan mengembangkan kerja sama internasional di Unwar.


 

Bali Post Jumat Paing, 21 Juli 2017

 


Tamu Online

We have 55 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics