TINJAU UJIAN -Rektor Unwar dan Ketua Yayasan Kesejahter­aan Korpri Provinsi Bali meni/ijau proses pelaksanaan ujian dengan sistem CBT.

TAHUN ini Fakultas Kedok­teran Universitas Warmadewa (FK Unwar) melakukan seleksi penerimaan mahasiswa baru gelombang I mulai Februari hingga April. Tahap ujian/testing dilaksanakan 7-8 April. Tahun ini ada yang berbeda dibandingkan tahun sebelumnya, yaitu ujian/testing menggunakan sistem CBT (computer based testing).

Rektor Unwar Prof. Dr. Dewa Putu Widjana. DAP&E..Sp.Park. mengatakan, pada gelombang pertama ini, dari 200-an pendaf­tar yang diterima 60-70 orang. Mahasiswa baru FK Unwar juga harus mengikuti tahapan seleksi mulai dari ujian akademik. Set­elah ujian akademik dilanjutkan ujian potensi akademik atau tes psikologi. "Hasil duanya ini digabungkan. Jika dianggap lu­lus, peserta akan mengikuti tes selanjutnya, yaitu wawancara," terangnya.

Juga ada tes kesehatan karena pihaknya tidak ingin menerima mahasiswa yang tidak memenuhi syarat seorang dokter, misalnya tes mata untuk mengetahui per­bedaan warna.

Dalam rangka mempertah­ankan kualitas lulusan, pihaknya mensyaratkan calon mahasiswa mempunyai nilai minimal 70 di SMA. Selain itu, diterapkan cara baru dalam asesmen mahasiswa baru, yaitu dengan sistem CBT. "CBT adalah suatu sistem yang bisa mengurangi sebanyak mung­kin tindakan untuk melakukan kerja sama saat ujian," ujarnya.

Sistem tersebut pertama ka­linya diterapkan. Diharapkan dengan menerapkan tahap seleksi seperti itu. Unwar akan mendap­atkan mahasiswa yang berkuali­tas sehingga nantinya output-nya juga berkualitas. "Dari tahun ke tahun, kami selalu improve me­kanisme dan sistem penerimaan mahasiswa baru," ungkap Putu Widjana.

Ketua Yayasan Kesejahteraan Korpri Provinsi Bali Drs. A.A. Gde Oka Wisnumurti. M.Si. me­nyatakan semua ujian dilakukan dengan sistem komputer sehingga dapat menghindari human er­ror. Selain itu, penyelenggaraan seleksi dapat dilakukan secara efisien, baik menyangkut alat-alat maupun tenaga manusianya. "Ini tentu akan menghasilkan hasil tes yang lebih objektif," tandasnya.

Ia mengharapkan tahap selek­si ini dapat menghasilkan calon mahasiswa Fakultas Kedokteran yang berkualitas. Oleh karena itu, calon mahasiswa baru harus benar-benar menguasai IT dan melaksanakan kewajiban menye­lesaikan soal-soal dengan baik.

"Kami di Warmadewa dari tahun ke tahun lakukan evaluasi, dan untuk tahun berikutnya mudah-mudahan lebih baik. Itu yang selalu kami sampaikan ke seluruh pimpinan di universitas. Hari ini harus lebih baik dari hari ke­marin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini," paparnya.

FK merupakan salah satu fakultas favorit di Warmadewa. Tren pendaftaran mahasiswa yang masuk ke FK Unwar dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan yang signifikan. "Ini artinya tingkat kompetisi mahasiswa akan semakin tinggi," ungkap Wisnumurti.

 

Mahasiswa yang diterima terbatas karena pihaknya menggunakan kuota. Hal ini dilakukan karena pertimban­gan sarana-prasarana dan tenaga pengajar, sehingga rasio pembelajaran memakai sistem blok ini bisa dipenuhi dengan baik.


Bali Post Sabtu Pon, 8 April 2017


Tamu Online

We have 16 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics