CENDERAMATA - Dirjen Sumber Daya Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti (tengah) foto bersama dengan petinggi Unwar setelah menerima cenderamata.

UPAYA peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan Universitas War­madewa (Unwar), bahkan mampu mengundang peting­gi Dikti yaitu Direktur Jen­deral (Dirjen) Sumber Daya . Ilmu Pengetahuan. Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. dr. Ali Ghufron Mukti, M.Se. Ph.D. Ia dihadirkan sebagai narasumber tunggal dalam acara ceramah umum yang mengusung tema "Penguatan Kelembagaan dan Peningka­tan Kinerja Dosen Menuju Sumber Daya Manusia yang Profesional" di Auditorium Widya Sabha Unwar, Den­pasar.

Meskipun Prof. Ali Ghu­fron tidak mempunyai waktu banyak, diharapkan informa­si yang diberikan mampu me­motivasi para dosen mening­katkan kualitasnya. Kegiatan ini juga dihadiri Koordinator Kopertis Wilayah VIII (Bali, NTB dan NTT) Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa.

Menurut Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana. DAP & E.Sp.Park., pihaknya menetapkan kuali­tas di atas segala-galanya. Bicara kualitas sangat tidak mungkin kalau kualitas sum­ber daya manusia (SDM) tidak bagus. "Beliau ini ada­lah Direktur Jenderal Sum­ber Daya Iptek Dikti. Kalau bicara sumber daya, tidak sebatas SDM, tapi menyang­kut sarana-prasarana dan lain-lain. Kami ingin man­faatkan untuk menyadarkan para dosen khususnya dosen kami agar mengurus dirinya," ujarnya.

Ia mencontohkan untuk mendapat jabatan fungsional, kenaikan pangkat, nomor induk dosen nasional, hal itu penting sekali bila dikaitan dengan kualitas. Disebut penting karena program studi dianggap baik apabila rasio dosen dan mahasiswa me­menuhi syarat. Yang bisa dipakai sebagai pemband­ing untuk memenuhi rasio adalah dosen yang memiliki nomor induk dosen nasional, baik dosen yang pensiun maupun belum. "Kalau mer­eka tidak punya itu, tidak bisa jadi pembanding  Walau­pun sesungguhnya mereka mampu beri kuliah, tapi di bawah tangan." kata Putu Widjana.

Di samping itu, pihaknya ingin mendapat penjelasan cara meningkatkan kinerja dosen. "Nah, informasi ini yang kami inginkan agar para dosen memiliki wawasan cukup baik dalam rangka berpartisipasi dalam lingkup pembangunan universitas, khususnya Universitas War­madewa," tandasnya.

Dari ceramah terbuka itu, Prof. Widjana ingin semua dosen terutama Unwar menduduki jabatan fungsional. Dengan menduduki jabatan fungsional bisa mendapat sertifikasi dosen. Sertifikasi merupakan salah satu upaya pemerintah meningkatkan harkat dan martabat hidup dosen karena mendapat tunjungan lumayan besar.

 

Ketua Yayasan Kese­jahteraan Korpri Provinsi Bali (YKKPB) Dr. Drs. AA Gede Oka Wisnumurti, M.Si. mengungkapkan ke­bijakan yayasan dalam rangka meningkatkan kual­itas Unwar sesuai misinya, yaitu bermutu, berintegri­tas dan berwawasan ling­kungan kepariwisataan untuk go global. Misi terse­but fokusnya peningkatan kualitas SDM. "Lima tahun lalu kami fokus menyele­saikan sarana-prasarana penunjang pembelajaran. Mulai tahun 2018, kami fokus kualitas SDM, baik dosen maupun tenaga non-kependidikan," jelasnya.


Bali Post Jumat Wage, 10 Maret 2017

 


Tamu Online

We have 13 guests and no members online

Subscribe Berita Kami!

Follow
Subscribe to this content and receive updates directly in your inbox.
Name
Email

Penilaian Website Kami

         yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics       yayasankorpribali.org review, PageRank, website value and SEO analytics